Cara Atasi Stres

Bookmark and Share
Dalam menjalani kehidupan kita sebagai manusia serta juga makhluk sosial tentunya kita tidak terlepas dari stress. Tekanan pekerjaan atau pun berbagai macam kegiatan kita yang berlebihan akan bisa memicu timbulnya stress ini. Keberadaan stres dalam batas yang norma dan wajar justru akan membuat kita bisa menangani dan belajar memecahkan masalah dalam kehidupan kita. Tetapi bila stres berlebihan dan dalam waktu yang berkepanjangan akan bisa memicu timbulnya depresi yang tentunya tidak kita harapkan.

Cara Tips Mengatasi Menghilangkan Stres

Stress didefinisikan sebagai suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Keadaan stress akan dapat membuat produktivitas seseorang menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Inilah yang dimaksud dengan pengertian stres. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Berbagai macam cara mengatasi stress dan tips atasi stress kerapkali dilakukan oleh masing-masing individu. Dalam dunia kesehatan dan psikologis hal ini dikenal dengan manajemen stres. Dan masing-masing orang dalam menjalani dan melakukan manajemen stres ini juga berbeda karena memang bersifat unik dan individual. Lalu bagaimana kiat-kiat dalam menghilangkan stres yang kita alami ?

Berikut beberapa cara tips kiat dalam rangka menghilangkan dan mengatasi stres yang bisa kita lakukan :
  1. Kembalikan segala persoalan yang kita hadapi ini dengan berserah diri kepada Allah. mengatasi stres langkah pertama ini tentunya dengan kita memperbanyak berdzikir serta berdoa, memohon kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang tengah kita hadapi. Memintalah kepada-Nya dengan segala kerendahan hati karena hanya Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar segala persoalan hidup kita termasuk stress ini.
  2. Melakukan berbagai macam relaksasi. Relaksasi akan sangat membantu mengurangi stressor yang sedang menimpa kita. Dengan melakukan berbagai macam relaksasi akan membuat pikiran kita merasa lebih nyaman dan tenang. Tindakan ini bisa dengan melakukan pijat. International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri dua kali seminggu selama 15 menit saja mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Bahkan, cara mudah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan juga mampu memberikan efek yang sama dengan pijat.
  3. Beristirahat yang cukup. Kurang istirahat akan bisa memicu timbulnya stressor. Apalagi bila kita ada masalah dan kita kurang tidur maka hal ini akan bisa memperberat kondisi kita sendiri. Cobalah untuk bisa memanfaatkan waktu dengan istirahat tidur yang cukup.
  4. Lakukan kegiatan membaca. Sebuah survei yang dilakukan oleh The Telegraph dan Galaxy Chocolate mengungkapkan bahwa dengan membaca selama 6 menit buku favorit kita, maka hal tersebut terbukti membuat stres dapat menurun. Dengan membaca buku ternyata dapat menurunkan dan menormalkan detak jantung, serta membuat otot yang rileks yang berimbas menurunya gejala stres yang telah menyerang diri seseorang.
  5. Berbagi dengan sahabat-sahabat yang kita percayai mengenai masalah yang kita hadapi. Karena salah satu arti makna persahabatan adalah saling membantu dan mengisi serta meringkan beban sahabatnya. Dalam bahasa mudahnya CURHAT. Dengan curhat bisa menurunkan kadar stress yang kita alami, apalagi bila mendapatkan solusi yang baik dari teman dan kawan-kawan kita.
  6. Melakukan olahraga. Karena dalam manfaat olahraga ini juga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang karena lama bekerja. Berkeringat tatkala melakukan aktifitas olahraga akan berbeda jika dibandingkan saat bekerja. Menurut ahli kesehatan, berkeringat dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, membersihkan pori-pori dan membakar kalori. Keringat yang kita keluarkan pada saat berolahraga juga dapat menurunkan stress karena hormon endorfin (hormon yang diproduksi tubuh pada saat mengalami perasaan bahagia) dan zat lain dilepaskan. dan ini juga satu cara menghilangkan stres secara alami

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar