Cara Merawat Bayi Bagi Ibu Baru

Bookmark and Share
9-All | All About 9 - Cara Merawat Bayi Bagi Ibu Baru
  • Memperkenalkan makanan padat pada bayi.
Biasanya akan disarankan saat usia bayi mencapai 6 bulan meskipun bergantung juga pada masing-masing kasus. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan pada masa pemberian makanan padat pada masing-masing bayi.
  • Periode penting pada masa peralihan bayi untuk belajar bergerak dari 6 sampai 9 bulan
Ada begitu banyak tips merawat bayi yang beredar baik di dalam buku ataupun situs-situs internet. Sayangnya tidak banyak yang memuat tentang panduan merawat bayi di masa penting antara 6 hingga 9 bulan. Di usia ini bayi secara terus menerus akan mempelajari berbagai macam gerakan mulai dari mencoba duduk, berguling, bermain dengan dirinya sendiri. Pada intinya, di periode ini bayi akan berusaha mengerahkan kemampuannya untuk mengeksplorasi semua gerakan yang ingin dilakukannya. Jadi yang paling penting untk dilakukan sebagai tips merawat bayi dalam periode usia ini adalah tetap selalu mengawasi untuk memastikan bahwa bayi tidak akan melukai dirinya sendiri saat mempelajari gerakan baru. Hal ini harus dilakukan mengingat ini adalah masa yang penting dalam pertumbuhan bayi dan luka apapun bisa menyebabkan hal yang serius nantinya.
  • Tips merawat bayi dan juga menjaga keselamatannya terutama bayi yang baru lahir
Jangan pernah bekompromi atau menganggap enteng masalah mengenai keselamatan bayi. Oleh karena itu ada baiknya jika kita selalu menggunakan produk yang memang khusus diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir. Untuk perawatan kesehatan bayi, kita harus pastikan bahwa lingkungan rumah dan luar rumah bersih dan juga higienis. Salah satu hal yang paling penting adalah jangan pernah membiarkan bayi sendirian tanpa pengawasan.
  • Bagi ibu yang sibuk, jangan pernah meremehkan pentingnya pemberian ASI.
ASI memegang peranan yang penting bagi pertumbuhan bayi. Sayangnya masih banyak ibu-ibu yang belum memahami hal ini dan justru dengan bangga mengatakan jika telah memberikan susu formula bermerk terkenal kepada bayinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa ASI seringkali terlupa dimasukkan dalam list tips merawat bayi. Jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI walaupun sesibuk apapun dia. ASI memberikan berbagai manfaat penting yaitu meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi resiko infeksi, mengurangi resiko kegemukan dan banyak manfaat kesehatan lainnya.
  • Mewaspadai ruam popok yang mungkin menjadi sebab kita susah tidur di malam hari
Hal pertama yang biasanya dilakukan oleh ibu saat bayinya menangis adalah mengecek popok apakah bayi buang air kecil atau besar. Sebenarnya selain itu kita juga harus memperhatikan apakah bayi terkena ruam popok atau tidak. Ruam popok biasanya ditandai dengan adanya kulit berwarna kemerahan, radang dan kulit yang melepuh di sekitar area perut dan pantat. Di sinilah tips merawat bayi yang tepat untuk dilakukan berikutnya adalah segera mengganti popok bayi yang kotor dan menggunakan sabun anti bakteri atau krim oles. Jika kita tidak memiliki krim ruam popok maka perawatan kulit bayi yang tepat adalah dengan membersihkan pantat bayi dan kemudian membiarkannya berbaring tanpa menggunakan popok.  

Semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar