Step Mengajari Wisata Alam Untuk Anak

Bookmark and Share


Mengajari anak wisata alam adalah mengajari anak untuk menganal alam semesta ini dan lingkungannya serta memberikan pengetahuan yang belum anak ketahui tentang alam agar anak memiliki imajinasi yang baik dalam perkembangan motoriknya, berikut ada babarapa tips liburan sambil mengenal alam:

1. Melihat Penangkaran Hewan
Jika di daerah kota Anda dekat dengan tempat penangkaran hewan seperti kura-kura, kucing, anjing atau bahkan buaya. Mengajak anak untuk sesekali berwisata ke tempat ini bisa membuat anak mengetahui bagaimana cara binatang ini melahirkan dan merawat anaknya. Bahkan kalau di tempat Anda dekat dengan penangkaran kura-kura, anak bisa belajar mencari tahu tempat kura-kura menyembunyikan telurnya dan bahkan melepas tukik (anak kura-kura) ke laut.

2. Bersampan
Anda bisa saja mengunjungi Taman Buah Mekarsari, Waduk Jatiluhur atau Ancol untuk mengajak anak menaiki perahu. Selain menambah pengalaman kepada anak tentang mendayung, Anda juga bisa mengajarkan kepada mereka jenis-jenis kekayaan alam yang ada di sekitar tempat wisata tersebut. Pastikan keamanan anak terjamin dengan menanyakan terlebih dahulu apakah pengelola menyediakan pelampung bagi anak.

3. Bermain di Lapangan Luas
Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain di taman kota seperti Kebun Raya Bogor atau tempat wisata yang mengajarkan kepada anak sejarah tentang alam. Disini anak bukan hanya belajar tentang kekayaan alam, tapi juga mengenal jenis-jenis mahluk hidup lain yang hidup berbagi dengan manusia. Lakukan sruvey terlebih dahulu untuk tujuan wisata seperti ini, apakah ada aturan khusus bagi anak-anak yang akan berkunjung ke sana. Peralatan apa saja yang harus dibawa ketika berkunjung ke sana.

4. Mengunjungi Kebun Binatang
Kebun binatang mungkin merupakan tempat paling menarik bagi anak-anak. Tidak akan pernah ada kata cukup bagi anak-anak ketika diajak berinteraksi langsung dengan binatang-binatang yang ada. Kegembiraan mereka biasanya akan bertambah ketika melihat monyet yang bergelantungan atau gajah yang mengambil makanan yang mereka sodorkan. Disini anak-anak bisa belajar pentingnya menjaga keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan yang ada di sana.

5. Berkunjung ke Pantai
Mengunjungi pantai adalah kegiatan yang juga menyenangkan bagi anak. Ada beberapa pantai yang cocok untuk anak-anak bermain disana. Ajak anak-anak ke pantai yang ombaknya tidak besar dan tidak banyak terdapat karang disekitarnya. Pastikan dan awasi anak untuk tetap bermain di tempat yang dangkal dan berada dalam jangkauan Anda. Ajak mereka untuk membangun istana pasir atau mengumpulkan berbagai macam jenis kerang yang ada dan ajarkan perbedaan yang ada pada setiap kerang.

6. Mengunjungi Gedung Yang Menarik
Anda bisa saja mengajak anak tur keliling kota dengan mengunjungi gedung-gedung menarik yang ada di kota Anda. Mungkin Anda bisa mengajak anak untuk mengunjungi gedung tertinggi atau terbesar di kota Anda. Ada beberapa gedung yang boleh dikunjungi pada waktu libur atau sekedar masuk ke halamannya saja. Mungkin Anda bisa mengajak anak mengunjungi Monas, gedung Bank Indonesia, gedung pemerintahan atau bangunan lain yang unik yang ada di kota Anda.

7. Berwisata ke Pelabuhan atau Teluk
Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Perak, Gilimanuk atau Bakauheni bisa jadi tempat yang menarik bagi anak. Disana mereka bisa belajar mengenal penyebrangan antar pulau dengan menggunakan kapal. Bahkan kalau Anda cukup punya waktu, Anda bisa mengajak anak ikut naik ke atas kapal dan melakukan penyebrangan. Selain pelabuhan Anda juga bisa mengajak anak berkunjung ke teluk yang dekat dengan kota Anda, dimana anak bisa melihat hutan bakau yang ada. Anak juga bisa belajar mengenai pentingnya tanaman bakau dan bagaimana cara menanamnya.

Demikian tipsnya untuk liburan mengenal alam bersama anak semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang wisata murah pulau seribu



Temukan artikel terkait:   Tips Mempersiapkan Liburan Tahun Baru

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar