TIPS UNTUK MENENTUKAN LAMPU DI RUANGAN RUMAH

Bookmark and Share


Ingin memperbaiki sistem pencahayaan rumah? Seperti diungkap dalam New Decorating Book, sejumlah pakar desain interor mengingatkan satu hal. Jangan terburu nafsu membeli lampu dan aksesorinya, ketahuilah secara persis apa yang ada dalam benak Anda. "Ingatlah lampu itu barang mahal. Perhitungkan secara persis apa yang Anda inginkan," kata mereka. Untuk memperhitungkan kebutuhan itu, berikut mereka memberi perkiraan kebutuhan pencahayaan setiap ruangan di rumah.


Ruang keluarga
Pencahayaan ruangan ini sama dengan ruang tamu. Bedanya, penekanannya harus lebih besar pada tempat anggota keluarga melakukan kegiatan bermain, menulis, dan bekerja dengan komputer. Pada tempat-tempat khusus itu, pilihlah lampu yang pencahayaannya bisa diubah-ubah dengan pemasangan kap. Untuk menghidupkan suasana ini ada baiknya memasang lampu aksen untuk menyoroti lukisan atau pajangan yang akan ditonjolkan dalam ruangan.


Kamar tidur
Baik kamar tidur anak maupun orang dewasa membutuhkan pencahayaan umum. Sebaiknya dapat mungkin cahaya itu bisa diatur mulai dari redup untuk membuat suasana santai hingga terang yang dibutuhkan saat membersihkan kamar. Sebaiknya, Anda memasang pencahayaan khusus di dekat tempat tidur untuk mempermudah orang membaca sebelum tidur.


Kamar mandi
Kamar mandi membutuhkan cahaya yang terang dengan pertimbangan keamanan. Banyak orang yang menggunakan kaca kamar mandi untuk kegiatan bercukur. Untuk kepentingan ini, para desainer interior menyarankan pemasangan lampu khusus di dekat kaca untuk menghindari bayangan pada wajah yang mempersulit pencukuran.

Dapur 
Ruangan ini memerlukan pencahayaan berbagai tingkatan untuk efisiensi. Pencahayaan umum yang dipasang di plafon sebaiknya dipadukan dengan lampu khusus yang menyoroti tempat menyiapkan masakan.

Ruang makan
Pencahayaan amat penting dalam ruang makan. Untuk menghidupkan suasana, pasanglah pengatur cahaya lampu sehingga intensitas cahaya yang dipancarkan bisa sesuai dengan suasana yang diinginkan.

Teras atau lorong pencahayaan
Tempat ini bertujuan untuk memastikan keamanan. Tetapi, pencahayan bisa menambah suasana dramatis. Kawasan tangga, tiga atau empat lampu dinding amat membantu mereka yang naik dan turun tangga.
ROL

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger