Trik Bisnis Shooting di Dunia Video

Bookmark and Share


Tolong Bantuin Doong…!! Saat ini saya sedang mendalami bisnis Dunia Video Shooting dan sudah berjalan, namun masih ada yang kurang dalam peralatan video shooting, peralatan untuk Studio saya saat ini adalah Kamera Panasonic MD9000 ada dua, PC Komputer P4 2.8c Ghz,mem 1 Gb, Hdd 120 Gb,Card Capture. tapi saya masih merasa kurang dalam hal jika ada pengambilan Shooting Perkawinan di barengi dengan Hiburan dengan menggunakan 2 kamera. pertanyaannya :

1. Apakah ada peralatan tambahan untuk Shooting seperti itu selain kamera dan komputer?

2. Teknik Shooting supaya suara hiburan tidak terputus saat pindah adegan gambar pada saat shooting atau tekhnik Shootingnya supaya kalau pindah adegan tidak terputus, contohnya seperti hiburan music dangdut atau music pop di atas panggung dalam siaran Televisi(kadang ambil gambar penyanyinya terus pindah ke penontong tapi suara sound dan penyanyinya tidak terputus)? dan hasilnya nanti di gabungkan di Adobe Premier.

Trim’s

Jawab:

• suara

untuk teknik pengambilan suara panggung menurut saya paling baik bila anda mengambilnya terpisah dari dunia video, bila anda mempunyai budget lebih mungkin bisa menggunakan notebook, dan mengambil suara dari audio mixer secara digital.

• light

usahakan menggunakan light yang sesuai kebutuhan (hindari backlight), lebih baik lagi jika di lampu anda menggunakan kipas agar lebih awet

• Shooting Hiburan dengan lebih dari 1 camera

Anda sudah bagus peralatannya, untuk membuat effect suara hiburan supaya tidak terputus dengan menggunakan 2 camera, hal yang anda lakukan adalah:

1. Camera ke-1 buatlah hidup (On) terus sampai lagu/music selesai.

2. Camera ke-2 buatlah berpindah-pindah, misalnya shoot penonton, pemain musicnya, penyanyinya dari beberapa sudut, usahakanmembuat sudut lebih dari 45 derajat. Hasil dari camera-2 ini nantinya suara dibuang. dan suara yang dipakai adalah

suara dari camera-1.

3. Anda tinggal mencocokkan potongan2 camera-2 dengan track lagu dari camera-1. Memang memerlukan waktu, tapi kalau sudah biasa tidak akan menyulitkan.

4. Kalau belum biasa, camera-2 ambil penonton atau penabuh music saja, permasalahannya kalau anda mengambil penyanyi anda akan sedikit kesulitan mencocokan ucapan (maaf) mulut penyanyi dengan hasil suara camera-1.

1. Pake Taping ( Multicamera)

Betul kalo mo lebih dari 1 camera,(Multicam) enaknya pake Video Switcher/Visio Mixer, trus Record di 1 VTR/VCR ato kalo gak ada VTR bisa direcord ke handycam via S-video ato Y/C(Composite). Audionya ambil dari mixer soundsystem/FOH trus diconnect ke input audionya VTR.

Kalo mo pake 2 camera pake mixer video CMX-07, kalo 4 kamera bisa pake Videonics ato Edirol V4, banyak ko yg nyewain(250rb-an). kelengkapan lain kamu hrs punya kabel video yg panjang buat dari kamera ke Mixer, bisa pake RG58 ato RG59. Trus untuk audio pake kabel stereo yg agak panjang buat nyambung dari mixer audio ke VTR. Kalo pake sistem ini kamu bisa langsung tayangin pengambilan gambarmu pake LCD projecor ke Screen ato ke TV. kelengkapan laennya sebenarnya masih banyak untuk bisnis Dunia Video. Namun dengan alat yang anda punya maksimalkanlah kelebihan dari alat-alat tersebut.

fuzail.blog.friendster.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger