Memilih Perabot Berbahan Melamin

Bookmark and Share

Tidak hanya wadah berbahan plastik yang berbahaya, tetapi juga ada bahan melamin yang berbahaya. Hal itu perlu dimengerti sebab selama ini masyarakat tahunya perangkat dari melamin cukup aman.
Perangkat makan yang terbuat dari melamin banyak dijual di pasaran dengan warna memikat dan harga murah. Jangan sampai terkecoh dan akhirnya mengesampingkan kualitas. Perangkat makan yang tersebar di pasaran dengan harga murah sering kali tidak aman bagi kesehatan.
Melamin merupakan bentuk lain dari plastik yang tak lepas dari zat berbahaya bernama formaldehid. Seperti halnya polymer formaldehid  jika masuk ke dalam tubuh dalam jangka panjang dapat memicu kanker.
Tidak semua produk melamin berbahaya. Yang berbahaya ialah yang memiliki kandungan formaldehid tinggi. Produk melamin asli buatan local justru cukup aman sebab kandungan formaldehid-nya rendah.
Mengingat bahaya yang bias ditimbulkan dari melamin, maka sebelum menggunakan perhatikan cara memanfaatkannya sebagai berikut :
1.   Bakar ujung produk melamin. Jika melamin palsu maka polymer akan terurai dan gas formaldehid menyengat hidung. Sedangkan yang asli hanya akan gosong tanpa bau gas menyengat.
2.   Melamin palsu akan sangat mudah berubah warna akibat zat warna minuman the atau kopi, sedangkan melamin asli memiliki warna yang cenderung stabil.
3.   Jika memiliki perangkat makan yang terbuat dari melamin yang sudah usang, banyak goresan dan berubah warna sebaiknya jangan digunakan lagi. Barangkali perangkat itu bias difungsikan untuk keperluan lain misalnya untuk tatakan pot dihias kembali untuk menjadi pajangan.
 Ref : dari berbagai sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger