Mari Mengenal Alat Theodolite

Bookmark and Share

Adalah alat untuk mengukur dua buah sudut vertikal dan horisontal, seperti yang digunakan dalam jaringan segitiga. Theodolite merupakan alat utama dalam survei dan pekerjaan teknis, terutama pada pekerjaan pengukuran tanah, tetapi theodolites sudah disesuaikan untuk keperluan khusus lainnya seperti dalam bidang peluncuran roket meteorologi dan teknologi lainnya. Jenisnya ada laser auto level theodolite, dll. Theodolite modern terdiri dari teleskop yang dapat bergerak dalam dalam dua sudut (axis) bersamaan yang tegak lurus atau trunnion sumbu horisontal, dan sumbu vertikal. Ketika teleskop terarah pada obyek yang dikehendaki, maka sudut dari tiap-tiap axis dapat ***kur dengan tepat, biasanya pada skala arcseconds.

"Transit" merujuk kepada suatu jenis teodolit khusus yang dikembangkan pada awal abad ke-19. Ada sebuah fitur yang dapat membuat teleskop "flop over" agar mudah menampilkan kembali dan dua kali lipat dari sudut untuk pengurangan kesalahan. Transit beberapa alat yang mampu membaca sudut langsung ke tiga puluh arcseconds. Di tengah-tengah abad 20, "transit" datang untuk merujuk ke bentuk yang sederhana dengan teodolit kurang presisi, kurang fitur seperti skala pengerasan dan mekanis meter. Pentingnya transits adalah waning sejak kompak, akurat theodolite elektronik telah menjadi alat luas, tapi masih menemukan transit yang ringan digunakan sebagai alat konstruksi pada situs. Beberapa transits tidak mengukur sudut vertikal.

The builder tingkat sering keliru untuk transit tetapi sebenarnya jenis sudut lerengan. Alat baik horisontal maupun vertikal sudut. Ini hanya menggabungkan semangat dan teleskop untuk mengizinkan user untuk membuat visual saling berhadapan di tingkat pesawat.

www.pengukuran.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger