Tips Menata Sound Sistem Untuk Wedding Party

Bookmark and Share
Dewasa ini, cukup mudah untuk melihat atau menilai apakah sebuah acara dikemas secara spektakuler atau biasa-biasa saja. Dahulu kala, mungkin kita akan melihat tempat event itu digelar. Namun, kini tidak lagi begitu. Cukup lihat sistem tata suaranya saja dan vendor Sewa Sound System. Semakin mewah sistem tata suaranya, semakin spektakuler acara tersebut. Tak peduli apakah itu konser band legendaris ataupun sebuah resepsi pernikahan dua insan manusia misaknya di Hall B Pekan Raya Jakarta.

Sistem
Untuk sistem tata suaranya, nama Melodia Sound & Lighting (sewa sound system)kembali muncul. Anda yang rajin mengikuti perkembangan audio profesional Indonesia akan mengerti bagaimana kiprah salah satu sound company terbesar dan terbaik ini.

Sebanyak ada sewa sound system masing-masing enam buah Meyer M3D dipasang di sisi kiri dan kanan panggung. Berhubung ini adalah resepsi pernikahan, maka ringging yang pada acara sekuler menjadi bagian acara, kali ini didekorasi sesuai tema. Jadi, jangan heran kalau panitia penyelenggara dengan sangat serius menyiapkan kain yang sangat panjang dengan tirai khusus untuk membuat ringgi loudspeaker seperti tirai di kamar tidur Anda. Kita pasti tahu bahwa tirai-tirai tersebut pasti disiapkan secara khusus. Karena, bila melihat ukurannya, jarang ada gorden yang berukuran raksasa seperti kali ini.

Panggung yang disiapkan juga relatif sangat luas. Bahkan, lebih luas dari panggung-panggung untuk acara musik kolosal umumnya. Hal ini pasti sesuai bila melihat para pengisi acara juga bukan sembarang nama. Tercatat, nama ADA Band, Tiga Diva, Titik Puspa, Dorce, Baim, dengan iringan Dian HP Orkestra. Lalu, masih ada lagi operet yang semuanya bertujuan membuat acara kian megah.

Panggung yang lebar itu membuat jarak antara sistem loudspeaker utama kiri dan kanan terlalu jauh. Untuk menyiasati kekosongan area center di depan panggung, dipasanglah beberapa titik loudspeaker Meyer M2d yang delay time-nya sudah diatur sedemikian rupa oleh Sony, chief engineer kala itu. Dari mixer FOH tersebut, sinyal masih dikirimkan lagi via matrix out ke sistem lainnya untuk meneruskan suara ke area lobi Hall D PRJ tersebut. Di lobi utama ini, Melodia memasang sistem line array “ajaib” mereka, yakni K-Array! Untuk aplikasi seperti ini, mungkin K-Array adalah yang terbaik. Karena, bentuk dan ukurannya yang hanya sedikit berbeda dari TV Plasma, tetapi dengan performa audio (sewa sound system)yang cukup istimewa.

Hi End
Banyaknya pengisi acara membuat jadwal sound check menjadi padat, dan otomatis menjadi menarik untuk diperhatikan. Kami dan mungkin beberapa pembaca sudah biasa mendengar kualitas sistem Meyer M3D ini. Namun kali ini, musik yang dikemas jelas berbeda. Rata-rata lagu yang dipilih adalah yang bernuansa romantis. Jangan lupa! Ini adalah wedding party. Namun dengan demikian, kami merasa sistem loudspeaker utama menjadi kian menunjukkan kehebatannya. Vokal direpro dengan sangat istimewa. Sangat warm, clear, dan open, dengan stereo image yang bagus (catatan: kami mendengarkan dari posisi FOH, red). Mendengarkan suara Dorce yang sedang sound check saja sudah memberi kenikmatan tersendiri. Belum lagi ketika sound check dilanjutkan oleh Baim dan Tiga Diva. Tak salah lagi, repro vokal menjadi atraksi utama malam itu, layaknya sedang mendengarkan lagu-lagu dari sistem audio hi end (sewa sound system).

Terima kasih untuk sistem yang baik, loudspeaker yang istimewa, setting adjustment yang presisi dari engineer, serta kru yang telah menyiapkan semuanya.

audiopro.co.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger