Belajar Teknik Fotografi

Bookmark and Share


Komunitas Fotografi - Mengenal beberapa teknik di dalam fotografi, berikut ini adalah beberapa teknik fotografi yg mengutamakan permainan kecepatan rana (shutter speed):


1. Teknik Dgn Menggunakan Kecepatan Rana Tinggi:

freezing adalah teknik membekukan objek yg bergerak, karena menggunakan kecepatan rana yg tinggi maka hasilnya adalah foto yg mem­perlihatkan subjek foto tepat di tengah gerakan yg sedang dilakukan. freezing tidak bisa menggunakan shuter speed yg rendah karena hasilnya akan menimbulkan blur yg memberi kesan gerak, Komunitas Fotografi.

2. Teknik Dgn Menggunakan Kecepatan Rana Rendah:

· Show Action Secara teknis, kecepatan dari teknik ini adalah dibawah 1/60s dan diafragma di angka besar (bukaan kecil). Gambar yg dihasilkan nantinya adalah semua benda yg bergerak akan terlihat blur, sedangkan benda yg diam tak bergerak akan tetap jelas seperti apa adanya. Komunitas Fotografi.

· Panning Panning adalah teknik fotografi yg akan menghasilkan foto di mana objek yg bergerak akan terlihat jelas sedangkan objek yg diam akan terlihat blur. Ini bisa dilakukan jika si fotografer mengikuti arah objek yg bergerak ketika memotret.

· Zooming merupakan teknik yg membarikan kesan gerak dgn mengubah panjang fokus lensa pada saat exposure. Teknik ini hanya bisa dilakukan dgn menggunakan lensa zoom. Teknik ini menggunakan cara memutar lensa, baik itu zoom in maupun zoom out pada saat menekan shutter. Komunitas Fotografi.

· Bulb Pada dasarnya, ketika shutter ditekan, maka jendela rana akan membuka dan sensor/film akan merekam gambar.Teknik bulb adalah fotografi yg caranya dgn menekan shutter terus dgn timing waktu yg sudah ditentukan. Umumnya, teknik ini digunakan untuk memotret mobil bergerak di malam hari, sehingga yg dihasilkan hanyalah garis-garis lampu yg terbentuk dari mobil yg bergerak.

Pada teknik yg menggunakan shutter speed rendah alangkah baiknya jika si fotografer menggunakan tripod untuk menghindari kamera goyang pada saat memotret. Komunitas Fotografi.

Berikut Beberapa Tekniknya:

double/multiple exposure teknik ini merupakan teknik yg cukup menarik karena menghasilkan gambar yg unik. Dalam satu frame foto kita dapat menghasilkan foto orang yg sama dgn pose yg berbeda. Untuk menghasilkan foto ini dianjurkan menggunakan tripod agar foto yg dihasilkan tidak goyg. Sebaiknya memilih background gelap atau hitam agar penumpukan objek foto bagus dan tidak kacau.

Sumber: muhammaddio.wordpress.com

Temukan Info Lain Seputar Komunitas Fotografi

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger