Kota Seni Di Kota

Bookmark and Share
Kota

Pemprov DKI Jakarta akan mengubah kawasan Kota Tua menjadi kota seni khususnya sinematografi.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, Kota Tua akan menjadi kota yang penuh dengan acara seni khususnya sinematografi, karena kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) akan dipindah ke tempat tersebut. Dengan keberadaan mahasiswa seni, maka denyut kesenian akan bertambah.
Menurutnya, pemindahan kegiatan pendidikan untuk menghidupkan suatu kawasan terbukti efektif. Misalnya kawasan Soho di New York, perkembangannya semula tertinggal namun setelah fakultas seni dipindahkan ke sana dan segala kreativitas mahasiswanya dijual di sana. Kini kota itu menjadi pusat kreativitas. Dampak positif pemindahan adalah tumbuhnya perekonomian di kawasan Kota Tua.
Arie menambahkan, berbagai macam Acara seni juga akan dipentaskan selama 24 jam di kawasan ini. "Jadi selain sinematografi ada musik dan fashion yang bisa ditampilkan di Kota Tua, sehingga akan menjadikan kawasan itu menjadi kota seni," jelasnya beberapa waktu lalu.
Namun, dirinya belum mengetahui secara pasti di mana kampus IKJ yang baru itu berada. "Lokasinya masih dicari," katanya.
Namun tahun depan, sebelum IKJ berdiri, akan lebih banyak lagi Acara seni yang akan digelar di Kota Tua. Saat ini, beberapa festival sudah digelar seperti Festival Kota Tua, Festival Kesenian Betawi, bahkan Car Free Day pun diadakan di Kota Tua.
Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pariwisata dan Kebudayaan Aurora Tambunan menjelaskan, pada 2012 nanti seluruh mahasiswa IKJ sudah dapat menggunakan area Kota Tua sebagai lokasi kampus yang baru. Namun bagi mahasiswa S2 masih akan tetap belajar di kampus Cikini


http://news.okezone.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger