Solusi Kesehatan Tubuh Tetap Prima

Bookmark and Share

ASPEK JASAD/FISIK

1. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan sesudah buang air besar maupun kecil. Perhatikan kuku-kuku, debu yang menempel, kotoran di jari, dsb.

2. Sering-sering minum air putih, khususnya untuk pekerja kantoran yang banyak duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. Rajin minum air putih sebelum dan sesudah sholat fardhu, kalau bisa juga sebelum dan sesudah sholat sunnah. Yang pasti, ketika makan juga diiringi dengan minum air putih.

3. Selalu cuci sayuran dan bahan masakan lainnya (yang musti dicuci) sebelum di masak dengan air bersih yang mengalir.

4. Kalau bisa jangan gunakan air PAM untuk minuman (walaupun sudah dimasak). Lebih baik gunakan "air galon" yang original (bukan yang isi ulang) untuk minuman.

5. Perhatikan kebersihan piring dan gelas sebelum digunakan.

6. Sering-sering dalam kondisi berwudhu, dijamin senantiasa segar lahir batin, Insya Allah.

7. Jaga disiplin waktu untuk bekerja dan istirahat. Jangan sering-sering begadang, bekerja jangan terlalu berlebihan, sesuai proporsinya saja. Istirahat juga jangan kebanyakan tidur, secukupnya.

8. Makan makanan yang bergizi seimbang dengan teratur. Sederhana kan, daripada membeli audio mobil murah dahulukanlah menjaga kesehatan.

9. Secara berkala potong kuku, cukur bulu kemaluan, cabut bulu ketiak, pendekkan kumis, rapikan jenggot, rapikan/sisir dan bersihkan rambut, dan jangan cabut uban.

10. Sediakan selalu kotak obat / P3K. Kalau bisa pisahkan antara obat luar dan obat dalam. Jauhkan kotak dari jangkauan anak-anak.

11. Jangan merokok dan dekat-dekat dengan perokok. Tegur orang di samping atau yang seruangan dengan Anda jika mereka merokok.

12. Hindari udara berdebu, berpotensi penuh bakteri. Gunakan masker anti debu jika mengendarai motor.

13. Jika memungkinkan, lakukan General Check-Up ke dokter secara berkala.

14. Bersih-bersih (wudhu/mandi) sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami-istri, bagi yang sudah menikah.

Kalau seperti ini, tidak mengikuti kursus akupuntur juga tidak masalah. Dan tidak usah menggunakan alat-alat lain untuk kesehatan semacam batu kesehatan, batu landak (bezoar stone), dll.

ASPEK LINGKUNGAN

1. Secara berkala bersihkan ruang/kamar pribadi. Sapu, dipel, ganti seprei kasur, bersihkan gorden, secara berkala. Saat bersih-bersih gunakan masker anti debu dan sarung tangan.

2. Jaga kebersihan sekitar rumah / tempat tinggal, keberadaan pohon/tanaman yang menyejukkan juga diperlukan. Buang sampah pada tempatnya, jangan sampai ada genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

ASPEK SPIRITUAL, AKAL, DAN SOSIAL

1. Jangan terlalu tenggelam dengan permasalahan hidup, serahkan semuanya pada Allah. Hidup ini memang ujian. Untuk mengimbanginya adalah rajin-rajin bersyukur jika dapat nikmat dan bersabar jika dapat masalah.

2. Wujud bersyukur paling sederhana adalah ucapan hamdalah, selebihnya bisa macam-macam, misalnya tilawah, shalat, zakat, infaq, sadaqah, kerja dengan baik, membantu teman, dll.

3. Jaga hubungan silaturahim dengan baik, mulai dari yang terdekat sampai yang jauh (suami/istri, orang tua, saudara kandung, tetangga, teman kerja/kuliah, saudara jauh, dll).

4. Jika ada kolega yang sakit, upayakan untuk menjenguknya. Memberinya motivasi dan mengingatkan kita akan nikmat sehat.

www.hdn.or.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger