Meningkatkan Kualitas Guru

Bookmark and Share

Hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk keseimbangan diri dan sukses dalam pembelajaran bagi seorang guru adalah mentalitas, moralitas dan spiritualitas. Bukan sekedar pendidikan tinggi misalnya pasca sarjana namun juga ada beberapa hal lain. Dan yang mendorong semuanya itu terdiri dari tiga hal yaitu: visi-misi mengajar, kepemimpinan. dan manajemen diri.

1. Visi-misi mengajar yaitu suatu pernyataan yang menyatakan tujuan dan makna yang terkandung dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh seorang maupun asosiasi guru. Manfaat dari visi-misi ini adalah untuk mendorong aktifitas menjadi lebih bermakna, serta memperjelas arah dan tindakan yang akan dilakukan oleh seorang guru, hingga Ia akan sukses dalam tiap pembelajarannya. Contoh Visi ” Mengembangkan pembelajaran yang komunikatif, kreatif, dan inovatif yang sesuai dengan bakat anak berdasarkan nilai-nilai Islami”. Perlu juga pendidikan bahasa yang bagus untuk komunikasi yang baik dengan siswa

2. Kepemimpinan Pribadi akan efektif dan sukses jika memenuhi hal-hal sbb:

* Memiliki prinsip-prinsip atau nilai-nilai sebagai dasar untuk bertindak.

* Memiliki kepedulian sosial

* Memiliki efektifitas dan efisiensi pribadi

* Memiliki prinsip-prinsip atau nilai-nilai sebagai dasar untuk bertindak.

* Memiliki kepedulian sosial

* Memiliki efektifitas dan efisiensi pribadi

3. Pengelolaan Diri Untuk menjadi pribadi efektif dan sukses, lakukan hal-hal sbb:

* Rencanakan hidup anda dengan jelas dan terukur

* Gunakan waktu sebaik-baiknya

* Berfikirlah asertif yaitu berfikir dengan penuh bijaksana artinya jangan terburu-buru dalam bertindak, berfikirlah seolah anda menjadi anak didik yang kita hadapi.

* Bertindak secara objektif.

http://mitrazone.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger