Mengenal Dunia GPS

Bookmark and Share


Kita sadari kecepatan masuknya suatu produk tekhnologi ke Negara Berkembang (Indonesia) jauh lebih tinggi dari pada kecepatan pemahaman teknologi itu sendiri. Begitu juga halnya dengan GPS ( Global Positioning System ) bagi sebagian orang, teknologi atau produk itu masih awam atau masih asing didengar. Dengan begitu diharapkan bagi kita yang sudah agak paham bahkan lebih paham agar bisa saling memberi atau tukar pengalaman tentang pemahaman teknologi GPS yang ada di toko gps.

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi atau penentu posisi berbasis satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung waktu dan cuaca. Penentuan posisi GPS digambarkan dengan menggunakan nilai koordinat X dan Y atau garis bujur dan garis lintang ( longitude/latitude ).

Pada dasarnya GPS terdiri atas tiga segmen yaitu
segmen angkasa, kontrol/pengendali, dan pengguna, ketiga segmen tersebut mempunyai fungsi masing - masing diantaranya :
  • Segmen angkasa: terdiri dari 24 satelit yang berfungsi untuk mengirimkan posisi dan waktu kepada pengguna di seluruh dunia.
  • Segmen Kontrol/Pengendali: pusat pengendali utama yang terdapat di Colorodo Springs, dan 5 stasiun pemantau lainnya dan 3 antena yang tersebar di bumi ini.
  • Segmen Pengguna: Pada sisi pengguna dibutuhkan receiver GPS (perangkat GPS) untuk dapat menerima signal satelit GPS dan kemudian menghitung posisi, kecepatan dan waktu.
Untuk dapat menggunakan GPS sebagaimana fungsinya setidaknya GPS harus memliki 3 signal satelit untuk menghitung posisi 2D dan dibutuhkan 4 atau lebih signal satelit untuk menghitung posisi 3D position ( longituge, latitude, dan altitude (ketinggian).Dengan informasi posisi, GPS dapat menghitung data lain seperti : receptacle, arah, lintasan, jarak tempuh, jarak tempuh, jarak ke tujuan, matahari terbit & terbenam dan lain-lain. Apabila dibandingkan dengan sistem dan metode penentuan posisi lainnya, GPS mempunyai banyak kelebihan dan menawarkan lebih banyak keuntungan baik dalam segi operasional maupun dalam penentuan posisi, nah bagi anda yang mau melihat jenis dan modelnya anda bisa klik di toko gps.

GPS dapat digunakan oleh siapa saja baik perorangan maupun kelompok untuk berbagai bidang seperti : penerbangan,kelautan,perkebunan,transportasi darat,pemetaan, dan masih banyak lagi.

Jadi intinya bila kita menggunakan GPS kita akan tahu posisi, arah, dan waktu



http://inieko.blogspot.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger