Ketinggian satelit GPS Di Pusat Bumi

Bookmark and Share


Ketinggian satelit GPS sekitar 11.000 mil diatas permukaan bumi, hal ini banyak manfaatnya, kenapa? Karena segala sesuatu yang berada jauh dari permukaan bumi maka akan bebas dari gangguan lapisan atmosphere. Artinya Satelit GPS dapat berorbit dengan mudah dan dapat dihitung secara matematis sederhana karena tidak banyak factor yang mempengaruhi. Dengan bantuan pesawat ulang alik, masing-masng satellite GPS telah ditempatkan pada masing-masing orbital dengan sangat tepat, disesuaikan dengan master plan atau rencana awal penempatan satelit GPS.

Di permukaan bumi, semua receiver GPS telah memiliki program almanac masing-masing satelit GPS, sehingga bisa tahu posisi masing-masing satelit GPS berada dari waktu ke waktu.

Sampai saat ini kita telah mampu mengatasi atau membuat perhitungan dan menggambarkan posisi GPS secara nyata, karena satelit GPS bergerak di ruang hampa udara. Tetapi pada kenyataanya, banyak hal yang dapat terjadi dan berakibat pada sinyal GPS itu sendiri dan berakibat berkurangnya masa aktif GPS dari masa aktif atau umur yang diperhitungkan secara matematis.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sebuah system GPS ctnya di toko gps, maka receiver GPS yang baik, memerlukan atau perlu ditambahkan factor-faktor kemungkinan kesalahan yang beragam.

Konsep teknologi GPS sudah sangat maju dan menjadi peralatan untuk berbagai kegiatan. Hal ini sebenarnya sudah melampaui tujuan awal dibangunnya system GPS anda bias liat di toko gps. Sekarang ini, para ilmuwan, olahragawan, petani, tentara, pilot, surveyor, para pendaki gunung, para pelaku jasa pengiriman barang, pelaut, pemadam kebakaran dan lain-lain sudah terbiasa hidup dengan GPS. GPS telah membuat mereka bekerja lebih produktif, aman bahkan menjadi lebih mudah.

Sebenarnya aplikasi penggunaan receiver GPS bisa kita golongkan menjadi 5 kategori penggunaan sebagai berikut :

  • Location : untuk menentukan lokasi suatu titik atau posisi
  • Navigation : untuk memudahkan bergerak dari suatu lokasi ke lokasi yang lain
  • Tracking : melakukan monitoring benda berjalan, orang, atau hal lainnya yang sudah kita tentukan obyeknya
  • Mapping : untuk membuat peta
  • Timing : untuk mendapatkan ketelitian waktu

http://www.risnandarweb.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger